Sendra Tari Pergiwo Pergiwati Mengawali Masa New Normal di BKHI

Penari Manis Manja

Mengawali masa New Normal setelah selesainya PSBB pada masa pandemi covid19 ini, Bengkel Kreatif Halo Indonesia bekerja sama dengan Sanggar Tari Cipta Art mempersembahkan sebuah acara pagelaran sendra tari pada hari Jumat, 10 Juli 2020 lalu.

Pagelaran sendra tari yang berjudul Pergiwo Pergiwati tersebut diselenggarakan di Bengkel Kreatif Hallo Indonesia, Jl. Merpati Raya no. 55, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan.

Tari Puspanjali dari Bali yang merupakan tari untuk menyambut kedatangan para tamu mengawali Pagelaran Sendra Tari Pergiwo Pergiwati di BKHI, Jumat 10 Juli 2020 (Foto: Rey Janecekova)

Acara yang dibuka oleh Ketua Yayasan Seni Untuk Bangsaku, Ibu Umi Sumiyati tersebut didahului dengan prosesi para penari memasuki area pertunjukan dengan membawa lilin, yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan berupa lagu Lir Ilir yang dinyanyikan oleh para pengisi acara.

Dipilihnya lilin sebagai properti pada prosesi masuknya para penari ke area pertunjukan dan lagu Lir Ilir “Mas Ilham memilih lagu Lir Ilir karena mempunyai makna yang banyak sekali terutama makna yang diartikan sebagai bangun dari keterpurukan, mengingat akan adanya Tuhan yang membuat kita bahagia” penjelasan dari mas Ilham, pimpinan Sanggar Tari Cipta Art.

“Mas Ilham menyambungkan dengan musibah bencana taun ini, Covid 19 dan mengajak untuk yuk sama-sama kita bangkit kembali , kita hijaukan dunia kita kembali, kita hijaukan dunia panggung kembali  sehingga kita dapat kembali lagi bersama-sama bahagia” lanjut mas Ilham.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Seni Untuk Bangsaku, Ibu Umi Sumiyati mengatakan, selaku pemilik BKHI, sebagai generasi muda diharapkan dapat terlibat dalam kegiatan bermuatan seni dan budaya. Salah satunya melalui pelestarian nilai budaya melalui pagelaran tari.

Seluruh pengisi acara Pagelaran Sendra Tari Pergiwo Pergiwati tampil bersama seusai pagelaran.(Foto: Rey Janecekova)

“Pementasan tarian ini adalah kegiatan rutin anak-anak yang setiap seminggu sekali mengadakan latihan di BKHI.” ujar Umi.

Dalam pagelaran, lanjut Umi, pemain merupakan unsur terpenting. Karena kesuksesan serta keberhasilan suatu pagelaran tergantung kepada pemain. Maka, pemain harus benar-benar siap pentas, dalam arti siap segala-galanya baik mentalitas maupun penguasan materi sajian, sehingga pemain dapat dengan sempurna serta dapat memberikan suatu kepuasan kepada penonton. Dengan demikian penonton adalah merupakan salah satu unsur yang penting dalam suatu pagelaran.” Tutur Umi.

BKHI memberikan apresiasi kepada guru pengajar dan anak-anak untuk pementasan ini. Disamping itu, BKHI juga konsen terhadap kesenian Nusantara yang sudah mulai dilupakan.

“Melalui seni tari, lukis, wayang, musik dan kegiatan lainnya, kami mengadakannya secara reguler dan dengan kegiatan ini kami bisa menjadi bagian destinasi wisata Tangsel untuk Parisiwata. Mari silahkan hadir dan selamat bergabung dengan kegiatan BKHI.” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *