Pertukaran Pelajar Dan Pariwisata, Jembatan Hubungan Bilateral Indonesia-Slovakia

Pemotongan kue oleh Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Wakil Ketua DPR Republik Indonesia (Foto: Koleksi pribadi Ita Mugizanti)

Bertempat di ruang Dua Mutiara Hotel JW Marriott Jakarta Selatan, pada hari Selasa 21 Januari 2020 diselenggarakan resepsi peringatan Hari Nasional Slovakia.

Acara resepsi yang diadakan oleh Kedutaan Slovakia di Indonesia tersebut di hadiri oleh Menteri Keuangan Republik Indonesia Ibu Sri Mulyani Indrawati sebagai perwakilan dari Pemerintah Indonesia.

Acara dibuka dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan disusul dengan lagu kebangsaan Slovakia, Nad Tatrou sa blýska. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, HE Mr. Jaroslav Chlebo.

Duta Besar Slovakia untuk Indonesia memberikan sambutan pada acara Resepsi Hari Nasional Slovakia di Dua Mutiara Ballroom Hotel JW Marriot Jakarta Selatan, 21 Januari 2020 (Foto: Rey Janecekova)
Duta Besar Slovakia untuk Indonesia memberikan sambutan pada acara Resepsi Hari Nasional Slovakia di Dua Mutiara Ballroom Hotel JW Marriott Jakarta Selatan, 21 Januari 2020 (Foto: Rey Janecekova)

Dalam sambutannya, Duta Besar Slovakia untuk Indonesia mengatakan “Kendaraan yang sangat baik untuk hubungan bilateral adalah pertukaran pelajar dan akademik serta pariwisata. Kami senang bahwa masyarakat kami tidak menunggu dorongan dari pemerintah dan mengambil inisiatif sendiri seperti yang ditunjukkan oleh Universitas Indonesia, Universitas Padang, Universitas Trisakti di pihak Indonesia dan Universitas Pertanian di Nitra, Universitas Katolik di Ruzomberok, Universitas Ekonomi di Bratislava, dan lainnya“.

Indonesia dan Slovakia memiliki hubungan yang baik sudah sejak lama yaitu sejak terbentuknya hubungan diplomatik pada bulan Januari 1993.

Disamping hubungan diplomatik, hubungan bilateral antara Slovakia dan Indonesia juga saling menguntungkan di setiap sektor, baik sektor ekonomi maupun politik.

Menteri Keuangan Republik Indonesia memberi sambutan dalam resepsi Hari Nasional Slovakia di Dua Mutiara Ballroom Hotel JW Marriot Jakarta Selatan 21 Januari 2020 (Foto: Koleksi pribadi Ita Mugizanti)
Menteri Keuangan Republik Indonesia memberi sambutan dalam resepsi Hari Nasional Slovakia di Dua Mutiara Ballroom Hotel JW Marriott Jakarta Selatan 21 Januari 2020 (Foto: Koleksi pribadi Ita Mugizanti)

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani yang mewakili Pemerintah Indonesia dalam acara tersebut mengatakan “Saya yakin masih ada ruang bagi hubungan bilateral untuk terus tumbuh. Dalam sektor investasi, mengingat keahlian Slovakia dalam bidang pertanian dan tata kelola air, kami berharap lebih banyak kehadiran anda di Indonesia.”

Masih dalam sambutannya, Menkeu juga mengatakan bahwa Indonesia ingin memanfaatkan dan mengembangkan kerjasama dalam bidang teknologi informasi, industri otomotif, otomasi dan internet-of-things dengan perusahaan-perusahaan terkemuka dari Slovakia.

Pemotongan kue oleh Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Wakil Ketua DPR Republik Indonesia (Foto: Koleksi pribadi Ita Mugizanti)
Pemotongan kue oleh Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, Menteri Keuangan Republik Indonesia dan Wakil Ketua DPR Republik Indonesia (Foto: Koleksi pribadi Ita Mugizanti)

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan kue yang dilakukan bersama oleh Duta Besar Slovakia untuk Indonesia, HE Mr. Jaroslav Chlebo,   Menteri Keuangan Republik Indonesia, Ibu Sri Mulyani dan Wakil Ketua DPR RI, Bapak DR. H.M Aziz Syamsuddin.

Dalam acara tersebut para tamu undangan juga dapat mempelajari sejarah dan budaya Slovakia melalui pameran perangko dan kristal yang diadakan di depan Dua Mutiara Ballroom Hotel JW Marriott, Kuningan Jakarta Selatan, dimana resepsi tersebut diadakan.

Selain pameran perangko dan kristal, para undangan juga dapat menikmati kuliner khas Slovakia yang turut dihidangkan malam itu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *