Konferensi V4.0 Di Indonesia Fintech Show 2019

Seiring dengan kemajuan teknologi, beberapa tahun belakangan ini kita mengenal layanan keuangan secara online yang kita kenal dengan layanan Fintech atau Financial Technology.

Fintech timbul karena adanya kemajuan teknologi yang memudahkan masyarakat untuk melakukan kegiatan keuangan tanpa harus bertatap muka langsung antara pengguna dan penyedia jasa.

Hal ini dimungkinkan karena secara teknologi sekarang ini sudah sangat memungkinkan untuk melakukan verifikasi data tentang seseorang secara online maupun remote.

Berdasarkan data dari website OJK, sampai dengan bulan September 2019 lalu terdapat sebanyak 127 perusahaan Fintech yang terdaftar di Indonesia. Dari 127 perusahaan tersebut, 114 merupakan perusahaan yang terdaftar dan 13 perusahaan berijin.

Dan dari keseluruhannya, terdapat 119 perusahaan Fintech Konvensional dan 8 perusahaan Fintech Syariah.

Perputaran uang melalui perusahaan-perusahaan Fintech di Indonesia ini sangat besar. Tidak mengherankan apabila Indonesia menjadi target untuk negara-negara lain menanamkan modalnya melalui perusahaan Fintech.

Dengan cepatnya perkembangan Fintech di Indonesia dan besarnya minat negara-negara luar untuk berinvestasi dalam bidang Fintech di Indonesia, pada tanggal 6 sampai dengan 8 November 2019 ini diadakan pameran tentang Fintech yaitu Indonesia Fintech Show 2019 atau IFS 2019.

Pameran ini diselenggarakan di Jakarta Convention Center dan dihadiri oleh banyak pelaku fintech maupun wakil pemerintahan dari berbagai negara.

Reigniting Growth By Central Europe Technologies (Foto by: IFS 2019)
Reigniting Growth By Central Europe Technologies (Foto by: IFS 2019)

Pameran yang diselenggarakan bersamaan dengan Cyber Security Conference Indonesia ini memiliki berbagai macam agenda yang sangat bermanfaat bagi perkembangan dunia Fintech dan keamanan cyber.

Salah satu agenda yang diselenggarakan pada hari Rabu, 6 November 2019 nanti adalah Sesi Konferensi V4. Konferensi yang menghadirkan pembicara dari 4 negara V4.0, yaitu Michal Sontodinomo dari Czech Trade, Republik Ceko,Lilla Karsay dari Embassy of Hungary, Hungaria, Cezary Filipek dari Polish Investment and Trade Agency,Polandia dan Andrej Estvanik dari Embassy of the Slovak Republic, Republik Slovakia.

Moderator pada acara ini adalah Hendra Halim, European Director II – Republic of the Ministry of Foreign Affairs.

V4.0 Conference Session akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Assembly Hall pada 6 November 2019 jam 13.30 sampai dengan 14.30 tersebut mengangkat tema V4.0 Reasonable Solutions, Revolutionary Technology, Reconciling approaches.

Eropa Tengah dipandang sebagai sumber inovasi. Dan ini menciptakan peluang yang signifikan bagi perusahaan-perusahaan Visegrad Group (V4) yang inovatif di berbagai bidang, seperti bidang pembayaran, analisis, keamanan siber atau peningkatan modal dan keuangan pribadi.

Dalam Sesi Konferensi V4 besok , keempat negara Visegrad Group (V4) tersebut membahas tentang bagaimana V4 menjadi salah satu pusat fintech yang paling cepat berkembang.

Agenda konferensi pada hari yang sama akan dilanjutkan dengan acara Cyber Security Indonesia dengan tema “Reigniting Growth By Central European Technologies”yang dipersembahkan oleh Embassy Of Hungary Jakarta dan Polish Investment & Trade Agency PFR Group.

Konferensi yang akan diadakan di Assembly Hall Jakarta Convention Center pada jam 14:55 sampai dengan 16:00 ini akan menghadirkan pembicara dari beberapa negara Eropa Tengah dan dua orang Guest of Honor yaitu Duta Besar Hungaria untuk Indonesia,Timor Timur dan Asean, H.E Judith Pach dan Duta Besar Polandia untuk Indonesia, H.E Beata Stoczynska.

Sebagai moderator pada acara ini adalah Roberto Akyuwen, Senior Executive Analyst – OJK, Financial Service Authority, dan mendatangkan enam orang pembicara yaitu Oliver Kovecses dari ACPM, Armands Liseks dari Kontamatik, Szabolcs Tutto dari Hunity Defence, Tamas Balogh dari HI Systems dan Krsystof Maurer dari Comarch.

Pameran Indonesia Fintech Show 2019 ini terbuka untuk umum dan akan berlangsung sampai dengan hari Jumat tanggal 8 November 2019.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *