Menteri PUPR Tinjau Langsung Progres Pembangunan Tol Serpong-Balaraja di BSD City

Pembangunan tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) yang digarap oleh kerja sama Sinar Mas Land melalui PT Trans Bumi Serbaraja dan PT Wijaya Karya Tbk selaku kontraktor pembangunan jalan tol hari ini menerima kunjungan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Proyek jalan tol yang akan menghubungkan area Serpong dan Balaraja ini berada di wilayah Kabupaten Tangerang, yang dicetuskan pada tahun 2012 oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang dan diprakarsai oleh Sinar Mas Land.

Dalam kunjungannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR) disambut oleh Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja dan Saleh Husin, Managing Director President Office Sinar Mas serta Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR), Basuki Hadimuljono pagi ini mendatangi lokasi pembangunan proyek jalan tol Serbaraja (Foto: Sinar Mas Land)

Ruas tol ini diharapkan dapat mengakomodasi perkembangan wilayah Kabupaten Tangerang, khususnya kawasan BSD City dan sekitarnya. Dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city, Sinar Mas Land mengedepankan aspek mobilitas yang akan memudahkan pergerakan dan transportasi masyarakat. Hal ini dihadirkan melalui berbagai pengembangan dan perbaikan jalan, serta kemudahan berlalu lintas yang diawasi secara real-time dan digital melalui Command Centre BSD City. BSD City menyediakan fasilitas terbaik bagi warga dengan akses jalan tol dan infrstruktur dalam kawasan yang baik. Hal ini turut didukung dengan keberagaman fasilitas transportasi publik yang tersedia di BSD City, mulai dari kereta listrik Commuter Line untuk perjalanan lintas kota/area, hingga layanan shuttle bus gratis BSD Link yang menghubungkan landmarks di BSD City. Dalam kawasan tertentu seperti BSD Green Office Park, transportasi jarak pendek juga dilengkapi dengan Grab Wheels, layanan electronic scooter satu-satunya di Indonesia. Hal ini menjadikan BSD City kawasan yang unggul, baik untuk hunian, maupun untuk komersial.

Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang menerangkan rencana pembangunan jalan tol serbaraja (Foto: Sinar Mas Land)

Dalam kunjungannya, Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Jalan Tol Serbaraja merupakan salah satu contoh jalan tol yang diinisiasi oleh pihak swasta untuk mendukung program pemerintah dalam pembangunan jaringan jalan. “Jalan tol ini sepenuhnya dilaksanakan dengan skema investasi dan prakarsanya dari investor. Konstruksi seluruhnya direncanakan rampung pda 2024. Untuk Seksi 1 sekitar 10 km direncanakan selesai pada 2021 karena sebagian besar lahan dimiliki investor, sehingga proses konstruksi bisa berjalan lancar,” katanya. Pembangunan tol Serpong-Balaraja sepanjang 39.8 km dibagi dalam tiga seksi; BSD City-Legok (11.3 km), Legok-Tigaraksa Selatan (10.7 km) dan Tigaraksa Selatan-Balaraja (17,8 km). Proses konstruksi proyek jalan tol telah dimulai sejak Juli 2019.

Sinar Mas Land sebagai pengembang properti berupaya untuk mewujudkan kepedulian terhadap masalah pelestarian lingkungan melalui penerapan visi green di setiap proyeknya. Kesadaran perusahaan untuk bertanggung jawab melestarikan lingkungan hidup diwujudkan melalui berbagai program, seperti pembangunan kawasan hijau Green Office Park, sertifikasi Green Building, Mall tanpa dinding yang ramah lingkungan ‘The Breeze’, jalur-jalur pejalan kaki yang nyaman serta berbagai acara untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui penyelenggaraan acara Festival Hijau yang diselenggarakan setiap tahun. Sejauh ini Sinar Mas Land telah menanam lebih dari tiga juta pohon di area komersial, pedestrian, median jalan, taman lingkungan, dan mengembangkan taman kota serta hutan kota.

Inisiatif dan komitmen terhadap masalah sosial juga terus dilakukan melalui program – program CSR yang memberi kesempatan masyarakat sekitar dan usaha kecil dengan dapat menikmati pembangunan yang dilakukan Sinar Mas Land seperti penyediaan tempat usaha untuk 3.000 pelaku UMKM di Pasar-pasar tradisional dan taman jajan kaki lima serta program-program CSR lainnya.

Dengan dukungan tim manajemen yang solid Sinar Mas Land juga dikenal sebagai pengembang kota mandiri (Melalui BSD City Development), serta menjadi pelopor dalam pengembangan konsep perumahan Klaster / concept- clustered residential (Kota Wisata, Legenda Wisata, Grand Wisata, dan lain-lain). Disamping itu, Sinar Mas Land juga merupakan pelopor / pioneer pengembangan proyek inovatif Strata Mall / Trade Center (ITC) di Indonesia.

Sumber: Siaran Pers Sinar Mas Land

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *