Lomba Fashion Show Ramadhan 2019 Bersama PENDOPO dan Sanggar Tari CIPTA BUDAYA

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan 2019 kali ini, Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia PENDOPO bekerjasama dengan Sanggar Tari Cipta Budaya mengadakan kompetisi Fashion Show dengan tema “Busana Ramadhan Modifikasi”.

Kegiatan lomba Fashion show yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2019 lalu itu melombakan beberapa kategori yang dibagi menjadi Kategori A, untuk anak usia 6 sampai 12 tahun, Kategori B untuk peserta dengan usia 13 sampai dengan 18 tahun dan kategori C yaitu kategori yang diperuntukkan peserta dengan usia 19 sampai dengan 25 tahun.

Lomba Fashion Show Busana Ramadhan Modifikasi 2019 di Pendopo Living World, Alam Sutera 26 Mei 2019 (Foto: Cipta Art)

Dalam acara yang diselenggarakan di Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia PENDOPO, Living World Alam Sutera tersebut juga dimeriahkan dengan Gelar Seni dan Budaya berupa tari-tarian daerah yang dibawakan oleh murid-murid dan instruktur tari dari Sanggar Cipta Budaya, pimpinan Ilham Muji Riyanto atau yang akrab disapa Mas Ilham.

Pentas Seni Budaya pada acara Lomba Fashion Show Busana Ramadhan 2019 di Pendopo Living World Alam Sutera, 26 Mei 2019 (Foto: Rey Janecekova)

Acara yang di pandu oleh MC Khadafi tersebut dibuka dengan Pagelaran Seni dan Budaya dengan menampilkan Tari Piring yang dibawakan oleh anak-anak dari sanggar Cipta Budaya. Tarian kedua berupa tari Jekdong dan diikuti beberapa tarian tradisional Indonesia lainnya sebelum akhirnya sampai pada acara lomba.

Peserta Lomba Fashion Show Busana Ramadhan Modifikasi 2019 di Pendopo, Living World Alam Sutera 26 Mei 2019 (Foto: Rey Janecekova)

Salah satu juri dari acara Lomba kemarin adalah seorang model yang sudah sering tampil diatas panggung Fashion, yaitu Irash.

Irash adalah pemenang lomba Bujang Gadis Palembang tahun 2005 yang kemudian selepas SMA memutuskan pindah ke Jakarta untuk lebih fokus di modeling dan dunia entertainment.

Irash sendiri sudah sering memperagakan busana di kegiatan-kegiatan fashion bergengsi seperti Jakarta Fashion Week dan Indonesia Fashion Week. Model dengan tinggi badan diatas 180cm dan rambut ikal ini  sedang merencanakan untuk membuat Clothing Line sendiri, yang akan berkolaborasi dengan seorang Fashion Designer.

Dalam wawancara yang dilakukan setelah acara lomba, Irash mengatakan bahwa salah satu orang yang berpengaruh di dunia fashion yang sangat membantu untuk karirnya adalah Designer Deden Siswanto. Beliau adalah orang yang sangat mensupport karir Irash sampai saat ini.

Juri Fashion Show Kak Iras dan Kak Uli sedang diwawancarai oleh MC kak Khadafi (Foto: Rey Janecekova)

Kegiatan Fashion Show dan Gelar Seni Budaya bertemakan Ramadhan ini bukan baru kali ini saja diselenggarakan di Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia Pendopo. Kegiatan kali ini adalah merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Pendopo, bekerjasama dengan berbagai pihak.

Menurut Uli Erensia Gultom dari Kawan Lama group Promotion & Advertising Departemen , khusus untuk event tari bersama Sanggar Cipta Budaya ini diadakan satu kali dalam setahun. Jadi kali ini adalah merupakan event yang kedua. Event ini memang diadakan khusus untuk mensuport kegiatan dari Sanggar Tari Cipta Budaya ini.

Untuk event-event lainnya yang masih berhubungan dengan kegiatan seni dan budaya Indonesia sendiri selalu diadakan setiap bulannya oleh Rumah Batik dan Kerajinan Indonesia, PENDOPO.

“Memang eventnya tidak selalu mengenai anak-anak, tetapi kadang juga event yang memperkenalkan suatu daerah”. Tutur

Tasya Widya Krisnadi, Direktur Merchadising PENDOPO.

Lebih lanjut disampaikan bahwa misi dari kegiatan-kegiatan yang diadakan di PENDOPO adalah agar menjadi wadah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat.

Bagi Pendopo sendiri sangat terbuka sekali untuk siapapun yang ingin belajar tentang Budaya Indonesia. Jadi siapapun dapat bekerjasama untuk mengadakan acara yang berhubungan dengan Seni dan Budaya Indonesia.

Pendopo berusaha untuk menjadi wadah dan display untuk hasil seni dan budaya Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia. Hal ini terlihat dari lengkapnya koleksi kain, kerajinan tangan bahkan hasil bumi dari berbagai daerah di Indonesia.

Untuk produk kain, Pendopo memiliki koleksi lengkap berbagai macam kain batik, tenun dan jenis-jenis kain lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

Tidak hanya mengenai hasil kerajinan dan kain-kain dari berbagai daerah di Indonesia saja, tetapi di Pendopo juga terdapat Cafe khusus untuk kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yang dapat menjadi tempat berkumpul maupun belajar lebih banyak tentang Kopi di Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *