Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat Melalui Program KBA

Kesehatan dan kesejahteraan masyarakat adalah merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga negara Indonesia. Masyarakat akan sejahtera apabila ke 4 pilar utama dapat terpenuhi kebutuhannya, yaitu kebutuhan akan hidup sehat, pendidikan yang cukup, terpenuhi kebutuhan hidup untuk sehari-hari dan juga didukung oleh lingkungan yang bersih, asri dan rukun.

Dengan jiwa dan raga yang sehat, memungkinkan kita untuk dapat belajar, bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar, sehingga dapat lebih produktif dalam menjalani kehidupan. Sedangkan untuk menjadi produktif juga diperlukan adanya pengetahuan dan penguasaan ilmu atau keahlian. Oleh sebab itu sangatlah diperlukan adanya pendidikan yang memadai.

Dalam rangka turut membangun kesejahteraan masyarakat dan lingkungan, PT. Astra International Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) mengimplementasikan konsep 4 pilar kepada masyarakat melalui program Kampung Berseri Astra atau KBA. Keempat pilar tersebut adalah pilar Lingkungan, pendidikan, kewirausahaan dan Kesehatan.

Salah satu kampung binaan Astra untuk program KBA adalah Lengkong Kulon yang lebih dikenal dengan nama Kampung Sawah. KBA Lengkong Kulon yang terbentuk sejak tahun 2017 ini membawa banyak sekali manfaat untuk masyarakat setempat.

Apabila kita memasuki wilayah Kampung Sawah, kita bisa merasakan keasrian dan kebersihan lingkungannya. Sepanjang jalan desa sampai gang-gang yang memasuki rumah-rumah penduduk kita akan mendapati banyaknya tanaman obat-obatan, bunga hias maupun pohon-pohon buah. Disetiap rumahpun selalu terlihat adanya tempat sampah yang rapi. Hal ini menunjukkan sudah adanya kesadaran masyarakat akan kebersihan dan keasrian lingkungan tempat tinggalnya. Bukan hanya itu saja, tetapi masyarakat Kampung Sawah juga tahu cara memanfaatkan lahan disekitarnya dengan menanam tanaman-tanaman yang berguna baik tanaman pangan maupun tanaman obat.

Gerobak Baca KBA Lengkong Kulon (Foto: Rey)

Kegiatan KBA di Lengkong Kulon ini telah membawa banyak dampak positif bagi masyarakat setempat. Dari sisi Pilar Kesehatan yang meliputi kegiatan Posbindu, banyak mengajarkan masyarakat tentang gaya hidup sehat. Kegiatan Posbindu meliputi layanan kesehatan untuk penyakit tidak menular, pemeriksaan kesehatan dan pendampingan pemberian ASI Eksklusif untuk bayi sampai dengan anak berusia 2 tahun.

Dari kegiatan Posbindu ini, kesadaran ibu-ibu tentang pentingnya pemberian ASI Esklusif meningkat sangat pesat. Pada awalnya hanya sekitar 20% dari ibu-ibu yang memiliki bayi yang memberikan ASI Eksklusif. Saat ini para ibu sudah sadar pentingnya ASI Eksklusif kepada bayi sampai dengan umur 2 tahun, dan tidak memberikan makanan pendamping sampai dengan bayi berusia 6 bulan.

Layanan kesehatan KBA Lengkong Kulon (Foto: Rey)

Pelayanan lainnya berupa pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat, berupa pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol, pemeriksaan tekanan darah dan juga pemeriksaan kesehatan gigi dan mata.

Dari kegiatan Posyandu sendiri, KBA Lengkong Kulon berhasil masuk ke dalam Lima besar Finalis Nasional Lomba Posyandu. Untuk Kader Posyandunya sendiri, KBA Lengkong Kulon berha Kulon berhasil masuk ke dalam sil menempati Juara 2 tingkat Nasional Lomba Kader Posyandu.

Dari Pilar Pendidikan, KBA Lengkong Kulon saat ini sudah memiliki perpustakaan dan juga Gerobak Baca yang merupakan bantuan dari ASTRA. Gerobak baca yang dilengkapi dengan media televisi ini diharapkan bisa lebih memacu kesadaran literasi masyarakat sejak dini.

Gerobak Baca yang ditempatkan di halaman masjid Al Istiqomah ini dibuka setiap hari bersamaan dengan waktu kegiatan TPA, yaitu jam 16:00 sampai dengan 18:00 sebelum waktu sholat Magrib. Selain gerobak baca, KBA Lengkong Kulon juga memiliki perpustakaan indoor yang dapat dinikmati oleh semua masyarakat. Koleksi buku dari perpustakaan KBA Lengkong Kulon ini meliputi buku-buku untuk anak-anak, remaja dan dewasa.

Kegiatan di taman bacaan tidak hanya berupa kegiatan membaca buku, tetapi juga ada kegiatan mendongeng dengan mendatangkan pendongen dari luar dan juga kegiatan permainan tradisional. Dengan adanya bantuan gerobak baca, lebih mempermudah kegiatan membaca karena gerobak baca tersebut dapat dibawa berpindah tempat. Jadi anak-anak tidak bosan hanya berada di satu tempat.

Gerobak baca bantuan dari Astra juga dilengkapi dengan media TV. Jadi apabila anak-anak bosan dengan kegiatan membaca, mereka tetap bisa belajar dengan pemutaran film-film yang bermuatan pendidikan, seperti dongen nabi-nabi dan lain sebagainya.

Tanaman Labu di Kebun Komunitas Sabilulungan KBA Lengkong Kulon (Foto: Rey)

Kegiatan yang paling menonjol dari KBA Lengkong Kulon ini adalah kegiatan dari pilar Lingkungan berupa pembuatan kebun komunitas yang diberi nama Sabilulungan, yang berarti gotong-royong. “Dahulu di Lengkong Kulon masing masing memiliki kebun dan bekerja sendiri-sendiri. Setelah adanya program KBA dari ASTRA, semua kegiatan menjadi terintegrasi dan dikerjakan bersama-sama”, begitu disampaikan oleh ibu Yuli Sulastri, koordinator KBA Lengkong Kulon.

Pada kebun komunitas Sabilulungan yang memanfaatkan tanah wakaf ini ditanam berbagai macam tanaman pangan seperti Jagung, Pepaya, Kangkung, Bayam, Sawi dan lain-lain. Hasil dari kebun komunitas inilah yang digunakan untuk membiayai kegiatan lainnya berupa kegiatan pendidikan PAUD, pembelian bibit tanaman dan juga kegiatan pemeriksaan kesehatan.

Dari kegiatan KBA ini, Lengkong Kulon telah berhasil menyabet beberapa prestasi. Selain menjadi juara dalam bidang Posyandu, KBA Lengkong Kulon juga menyabet penghargaan berupa Juara nasional lomba olahan buah Nangka dan PAUD bintang dua sejabodabek, yang hanya ada 5 PAUD dari seluruh Jabodetabek yang mendapat penghargaan.

Pembuatan peralatan dapur dari limbah peti kemas (Foto: Rey)

Untuk kegiatan Pilar Lingkunga KBA Lengkong Kulon sudah melangkah lebih maju dengan menjual produk produk olahan masyarakat Kampung Sawah dan produk-produk yang terbuat dari barang bekas berupa peralatan dapur yang dibuat dari limbah kayu palet.

Berkat perkembangan kegiatan KBA yang sangat pesat, KBA Lengkong Kulon saat ini menduduki peringkat Utama atau bintang 4, dari 5 peringkat yang ada.

Dengan adanya kegiatan KBA yang saat ini sudah diterapkan di beberapa desa di seluruh Indonesia, diharapkan akan bisa diikuti oleh daerah-daerah lain untuk menjadikan kualitas hidup masyarakat lebih meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *