Mengangkat Kekayaan Indonesia Yang Tersembunyi Melalui Konser Millenial Marzukiana

Pressconference Konser "Millenial Marzukian" di gedung Ciputra Artpreneur 18 Desember 2018 (Foto: Kaya.ID)

Di awal tahun 2019 nanti tepatnya tanggal 13 Januari, masyarakat Jakarta akan kembali disuguhi konser musik klasik persembahan dari Ananda Sukarlan Center yang bekerjasama dengan Lumina Kaya Indonesia ( Kaya.ID ) sebagai promotornya. Jakarta New Year Concert yang akan digelar nanti akan membawakan lagu-lagu karya dari musisi besar Indonesia yang terkenal dengan melodi-melodinya yang indah, yaitu Ismail Marzuki.

Jakarta New Year’s Concert (JNYC) adalah merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Ananda Sukarlan Center yang bekerjasama dengan berbagai organisasi. Dan tahun 2019 nanti, JNYC akan kembali digelar di Ciputra Artpreneur dengan tema Millenial Marzukiana.

Seperti kita ketahui, Ismail Marzuki adalah pencipta lagu yang menghasilkan banyak sekali lagu-lagu yang indah yang banyak bertemakan cinta tanah air dan perjuangan pada masa-masa perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Melalui lagu-lagunya, Ismail Marzuki turut berjuang dengan menggunakan “senjatanya”, yaitu karya-karyanya berupa lagu-lagu yang menggambarkan tentang cinta manusia yang harus berpisah demi panggilan negara dan juga tentang cinta kepada tanah air.

Bagi masyarakat yang lahir sebelum tahun 90-an, mungkin sangat familiar sekali dengan lagu-lagu karya Ismail Marzuki. Lagu-lagunya yang indah dan menggambarkan rasa cinta tanah air selalu dijadikan lagu wajib di masa sekolah dahulu. Tetapi bagi kaum millenial, mungkin banyak yang tidak mengenal karya-karya Ismail Marzuki tersebut.

Melalui acara konser tahunannya yang digelar sejak tahun 2006 lalu, Ananda Sukarlan akan kembali mengangkat lagu-lagu karya Ismail Marzuki untuk lebih memperkenalkan kepada generasi millenial. Pada konser Millenial Marzukiana nanti, lagu-lagu karya Ismail Marzuki akan dibawakan oleh soloist-soloist muda kita yang merupakan generasi millenial. Untuk konser ini, Ananda Sukarlan mengemas lagu-lagu tersebut kedalam komposisi musik klasik yang akan dimainkan bersama orkestra dan soloist.

Ananda Sukarlan (Foto: Kaya.ID)

Tergugah oleh keinginan membawa musik klasik Indonesia ke kancah internasional, Ananda Sukarlan menciptakan komposisi-komposisi musik klasik dengan mengambil melodi dari karya-karya Ismail Marzuki yang terkenal indah. “Seperti banyak orang Indonesia, saya mengagumi musik-musik Ismail Marzuki. Ide saya untuk membawa musik Indonesia ke dunia Internasional . Terutama membawanya ke dunia classical music karena saya bidangnya di classical music.” tutur Ananda Sukarlan pada acara konferensi pers yang diselenggarakan pada tanggal 18 Desember 2018 lalu di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Sebelumnya, Ananda Sukarlan sudah menciptakan komposisi-komposisi yang berasal dari lagu-lagu daerah dari Indonesia yang diberi nama Rapsodia Nusantara. Karya-karya tersebut sudah banyak dimainkan oleh musisi-musisi dari negara lain pada panggung internasional. Lagu-lagu tersebut dikemas dalam bentuk solo dengan menghilangkan teksnya, sehingga lebih mudah untuk dimainkan oleh musisi manapun.

Sama seperti Rapsodia Nusantara, untuk konser kali ini Ananda Sukarlan juga mengemas lagu-lagu karya Ismail Marzuki kedalam komposisi klasik, tetapi kali ini dikemas kedalam bentuk orkestra dengan soloist. Karya tersebut akan ditampilkan oleh para soloist millenial, yaitu Jessica Sudarta (Harpist), Finna Kurniawati (Violist), Anthony Hartono (Pianist), Mariska Setiawan (Soloist) dan Aryo Widhawan (Tenor).

Pada konser tersebut juga akan ditampilkan lagu dari kisah klasik dari Minang, yaitu Malin Kundang yang akan dinarasikan oleh Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia dan juga cuplikan dari opera dari novel “Erstwhile” karya Rio Haminoto.

Karya-karya dari Ismail Marzuki merupakan salah satu kekayaan bangsa Indonesia yang belakangan ini mungkin tidak terlalu dikenal oleh generasi millenial. Hal ini disebabkan banyaknya muncul musik-musik baru. Terinspirasi dari keinginan untuk mengangkat hidden treasure of Indonesia untuk lebih dikenal banyak orang, terutama dunia internasional, Kaya.ID yang memiliki kesamaan misi dengan Ananda Sukarlan sepakat untuk menyelenggarakan konser ini dengan mengangkat tema Millenial Marzukiana.

Langkah Kaya.ID untuk menyelenggarakan konser musik klasik ditengah-tengah gempuran musik pop ini terbilang langkah yang berani. Tetapi sesuai dengan misi dari Kaya.ID yang ingin mengangkat hidden treasure of Indonesia, maka konser ini menjadi tindakan yang tepat untuk mewujudkan misi tersebut. “Konser ini adalah karya hati dari banyak orang yang ingin membuat musik Indonesia supaya dicintai” kata Nita Kartikasari, CEO Kaya.ID pada acara konferensi pers untuk acara ini.

Konser awal tahun dari Ananda Sukarlan Center ini dapat dijadikan sebagai kado tahun baru yang pastinya akan sangat berkesan untuk keluarga maupun sahabat. Tiket konser ini sudah bisa didapatkan melalui Loket.com atau langsung menghubungi nomor telpon +62-811-100-2280 dengan harga Rp 500 ribu sampai dengan Rp 3 juta untuk empat kategori. Dan sampai dengan tanggal 31 Desember 2018, tiket tersebut bisa didapatkan dengan diskon sebesar 25%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *