Taralite, Pinjaman Online Untuk Pelaku UMKM

Di era digital sekarang ini, banyak sekali terjadi perubahan-perubahan layanan dari konvensional menjadi online. Segala sesuatunya bisa dikerjakan dan didapatkan secara online. Hal ini menjadikan terbukanya kesempatan usaha atau jenis pekerjaan yang dapat dilakukan secara online. Kegiatan usaha tidak lagi dibatasi oleh waktu, tempat dan usia. Hal ini menjadikan banyaknya kesempatan usaha bagi siapapun. Untuk memulainyapun tidak dibutuhkan modal awal yang sangat besar.

Walaupun tidak dimulai dengan modal awal yang besar, tentunya semua usaha menginginkan agar usahanya dapat berkembang menjadi besar. Dan disaat usaha tersebut sudah mulai berjalan dengan baik, tentunya permodalanpun akan dengan sendirinya harus ditambah agar dapat memenuhi tuntutan pasar yang lebih besar lagi.

Untuk menambah modal kerja bagi usaha yang sedang berkembang tentunya tidak dengan begitu saja bisa kita dapatkan. Pada saat permintaan lebih besar dari modal yang kita miliki, maka kita akan membutuhkan adanya tambahan permodalan untuk dapat memenuhi permintaan tersebut. Hal ini banyak dialami oleh usaha-usaha kecil atau UMKM yang kebanyakan secara formal tidak memiliki akses ke fasilitas perbankan atau institusi keuangan lainnya. Untuk memfasilitasi usaha-usaha kecil yang secara financial sebenarnya mereka ini kredibel untuk mendapatkan fasilitas pinjaman modal tetapi tidak memiliki dokumen-dokumen formal yang diperlukan. Didukung dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, maka hadirlah perusahaan-perusahaan Fintech atau Finance Technology untuk memfasilitasi pengembangan usaha mereka.

Fintech berupa platform pinjaman secara online hadir untuk memjembatani antara orang yang membutuhkan pinjaman dengan orang yang memiliki dana untuk dipinjamkan. Jenis-jenis pinjaman dari platform inipun bermacam-macam. Ada yang mengkhususkan diri untuk pinjaman multiguna, pinjaman untuk sekolah dan ada juga pinjaman untuk mendukung usaha kecil atau UMKM.

Salah satu perusahaan fintech yang memberikan pinjaman untuk modal usaha adalah Taralite. Taralite mengkhususkan diri untuk pinjaman modal kepada usaha merchant online.

Pinjaman modal yang diberikan oleh Taralite kepada pemilik toko online ini adalah salah satu bentuk nyata dari Taralite untuk mendukung berkembangnya UMKM di Indonesia, karena Taralite percaya bahwa semua bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang.

Bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan terbaik di Indonesia,seperti Tokopedia, Lazada, Dekoruma, Doku dan lain-lain, Taralite sudah banyak memberikan pinjaman kepada banyak pemilik toko online dengan tingkat keberhasilan pinjaman rata-rata 85%. Hal ini tentunya sangat membantu bagi pengusaha-pengusaha kecil untuk pengembangan usahanya.

Cara pengajuan pinjaman modal melalui Taralite juga tergolong sangat mudah yaitu dengan mengirimkan fotocopy KTP pemilik usaha, KTP, KK dan foto tampak depan pemilik usaha dengan memegang KTP. Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah usaha yang dijalankan harus sudah berjalan aktif selama kurang lebih enam bulan.

Taralite sebagai platform pinjaman secara online resmi yang sudah terdaftar di OJK ini tidak hanya membantu masyarakat dalam pengembangan usaha saja. Taralite juga bekerjasama dengan HACTIV8 memberikan beasiswa dalam ilmu pengembangan aplikasi. HACTIV8 bersama Taralite memberi kesempatan kepada masyarakat untuk dapat mempersiapkan diri menjadi Developer Javascript-Full Stack dengan pembelajaran pemograman yang komprehensif.

Untuk para peserta beasiswa ini, pada proses belajarnya akan didampingi oleh seorang mentor yang akan membantu untuk berkembang dalam bidang tersebut. Selama masa belajar, peserta juga dapat berkontribusi langsung pada team dan perusahaan dengan mempraktekkan secara langsung ilmu yang didapat.

Persyaratan untuk peserta program ini juga sangat mudah, yaitu peserta harus berusia diatas 18 tahun, memiliki pengalaman dalam pengembangan perangkat lunak minimal 6 bulan. Baik itu melalui pekerjaan ataupun pendidikan. Dan persyaratan terakhir adalah lolos wawancara dengan Taralite.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *