Belajar Konsep Perlindungan Diri Sejak Dini Bersama Allianz Di KidZania

Pembukaan Establishment Allianz di KidZania (Foto : Allianz)

Cara hidup disiplin dan bertanggung jawab adalah hal yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Dengan kebiasaan berdisiplin  dan bertanggung jawab, anak akan lebih mengerti bagaimana cara melindungi diri dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi diseputaran kehidupan mereka, sehingga anak akan lebih dapat hidup secara mandiri.

Mengajarkan disiplin dan tanggung jawab terhadap anak tidak dapat kita terapkan dengan cara yang otoriter. Anak akan lebih mudah belajar dengan cara yang menyenangkan, melihat contoh ataupun melalui kegiatan bermain.

Dalam rangka memperkenalkan anak terhadap pentingnya perlindungan diri, pada hari Kamis 18 Oktober 2018 lalu, Allianz Indonesia bergabung dengan KidZania memperkenalkan wahana permainan baru di KidZania berupa Allianz Secret Agent dan Building Climbing. Melalui kedua establishment baru ini, anak-anak pengunjung Kidzania dapat bermain sambil belajar pentingnya perlindungan diri dan edukasi literasi keuangan.

Literasi Keuangan Untuk Anak (By : Allianz )
Literasi Keuangan Untuk Anak (By : Allianz )

Pada peresmian kedua establishment baru yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Asuransi atau Insurance Day yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2018 dan Bulan Inklusi Keuangan 2018, Head Of Marketing Management Allianz Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan “Kami sangat bangga dapat bergabung di KidZania dan memberikan pengetahuan literasi keuangan dengan cara menyenangkan kepada anak-anak. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari inisiatif kami meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan dan mendorong afar anak-anak untuk berani mengeksplorasi apapun yang mereka suka. Allianz percaya melalui edukasi literasi keuangan sejak dini kedepannya bisa menjadi cara untuk meningkatkan penetrasi asuransi bagi masyarakat Indonesia”

Upaya literasi dan inklusi keuangan terhadap masyarakat yang dilakukan oleh Allianz tidak hanya melalui pelatihan keuangan saja. Allianz juga merangkul lebih banyak masyarakat, termasuk anak-anak dengan menanamkan sejak dini tentang konsep perlindungan sejak dini melalui permainan. Allianz mengajarkan konsep asuransi kepada anak-anak dengan cara yang sederhana dan menyenangkan, yaitu melalui permainan yang dapat dinikmati di Kidzania berupa Allianz Secret Agent dan Building Climbing.

Building Climbing Allianz (Foto: Rey Janecekova)
Building Climbing Allianz (Foto: Rey Janecekova)

Melalui permainan Allianz Secret Agent dan Building Climbing, anak-anak diajarkan betapa pentingnya untuk melindungi diri secara baik dan benar. Seperti misalnya dalam permainan Building Climbing, sebelum memulai permainan anak-anak diberikan pengarahan terlebih dahulu tentang bangunan yang akan di panjat dan tentang cara melakukan panjat dan turun dengan benar sesuai dengan standard keselamatan. Selanjutnya anak-anak juga akan dilengkapi dengan peralatan memanjat seperti pemakaian Hardness atau alat penopang tubuh saat memanjat, tali dan juga helmet. Sebelum melakukan pemanjatan gedung, anak-anak juga diarahkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini sangat diperlukan untuk menghindari cedera pada saat melakukan pemanjatan. Dengan tahapan-tahapan sebelum memanjat dan perlengkapan keamanan yang dikenakan, diharapkan anak-anak akan dapat memahami betapa pentingnya perlindungan terhadap diri sendiri.

Kegiatan pelatihan Literasi Keuangan yang dilakukan oleh Allianz Indonesia ternyata sudah dilakukan secara konsisten sejak tahun 2011 dengan penyelenggaraan kegiatan My Finance Coach yang diikuti oleh anak-anak usia 13 sampai 17 tahun. Sejak pertama dilaksanakan pada tahun 2011, tercatat sebanyak 15.000 pelajar SMP dan SMA yang sudah mengikuti kegiatan My Finance Coach tersebut.

Pada peresmian dua establishment baru dari Allianz Indonesia di Theme Park Kidzania ini, Allianz mengajak sebanyak 600 anak yatim piatu, media dan blogger untuk ikut bermain di KidZania yang terletak di Lantai 6 Pasific Place, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, theme park KidZania memang ditutup untuk umum agar adik-adik undangan dapat menikmati semua permainan yang ada dengan leluasa.

KidZania theme park Jakarta ini adalah merupakan salah satu dari 24 KidZania yang tersebar di 19 negara, antara lain di negara Mexico yang terdapat di tiga tempat yaitu Santa Fe, Monterrey dan Cuicuilco, Jepang di dua tempat yaitu di kota Tokyo dan Koshien, Indonesia, Portugal, Dubai, Korea Selatan, Malaysia, Inggris dan beberapa negara lainnya.

Salah satu kegiatan profesi di KidZania, menjadi pengisi acara TV (Foto: Rey janecekova)
Salah satu kegiatan profesi di KidZania, menjadi pengisi acara TV (Foto: Rey janecekova)

KidZania Jakarta yang bertempat di lantai 6 di Mall Pasific Place, memiliki luas 7500 meter persegi. Dengan luas tersebut, KidZania Jakarta memiliki kapasitas pengunjung sebanyak 1.800 orang per shift. KidZania yang merupakan replika dari sebuah kota ini dilengkapi dengan alat transportasi, perkantoran, toko, hotel dan bahkan pabrik dan fasilitas-fasilitas lainnya seperti layaknya sebuah kota. Anak-anak yang berkunjung ke KidZania dapat bermain dengan memerankan berbagai profesi yang tersedia seperti layaknya di dunia orang dewasa. Setiap permainan rata-rata berjalan selama 15 sampai 20 menit. Sehingga untuk anak-anak yang ingin mencoba suatu profesi, diharuskan antri untuk menunggu giliran permainan. Setelah melakukan kegiatan suatu profesi, anak-anak akan mendapatkan upah berupa uang kertas Kidzania dengan mata uangnya Kidzos. Melalui permainan profesi tersebut, anak-anak diajarkan untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan sekitarnya. Dari belajar untuk antri, melakukan kegiatan sampai selesai dan juga belajar berinteraksi langsung dengan teman-teman dan kakak-kakak pendamping dari KidZania.

Di KidZania, anak-anak juga diperkenalkan dengan kegiatan perbankan dan menata keuangan. Sejak awal memasuki area KidZania yang disebut dengan Airport KidZania, anak-anak mendapatkan selembar check yang dapat ditukarkan dengan uang kidzos di Bank BRI yang berada didalam KidZania. Saat penukaran, pengunjung boleh memilih untuk mendapatkan uang cash atau langsung disimpan kedalam tabungan BRI Junio, dimana pengunjung akan mendapatkan kartu ATM yang dapat digunakan untuk menarik uang Kidzos pada saat dibutuhkan.

Tidak semua permainan di sini merupakan permainan profesi yang dibayar. Untuk beberapa permainan, pengunjung diharuskan membayar dengan uang Kidzos, seperti berkeliling kota menggunakan taxi atau bus, membeli roti yang dijajakan oleh para penjual roti keliling yang juga dilakukan oleh anak-anak dan juga untuk permainan Building Climbing.

Untuk dapat bermain Building Climbing yang merupakan establishment baru dari Allianz, pengunjung diwajibkan membayar sebesar 10 Kidzos. Tetapi bagi pengunjung yang sebelumnya sudah mengikuti establishment Allianz Secret Agent tidak perlu lagi membayar untuk permainan tersebut, tetapi cukup dengan menunjukkan kartu Allianz Blue Card yang didapatkan setelah mengikuti kegiatan Allianz Secret Agent tersebut.

Dengan adanya dua establishment baru di Kidzania dari Allianz ini, President Of Kidzania Jakarta, Kerry Riza berharap dapat menambah pengetahuan dan pengalaman langsung pada anak-anak tentang profesi orang dewasa yang kelak akan berguna untuk sang anak agar dapat menentukan cita-citanya. “KidZania Jakarta menyambut baik kehadiran establishment Allianz Secret Agent dan Building Climbing, dimana dapat menjadi tempat untuk anak-anak bermain dan menyalurkan ketertarikan akan sesuatu yang menantang.  Berperan sebagai seorang agen rahasia dan atlet panjat gedung dapat membangun karakter anak menjadi tegas, lincah, mampu mengambil keputusan dan berpikir cepat, serta kooperatif dalam teamwork. Kami berharap melalui establishment ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman merasakan profesi orang dewasa yang berguna untuk menentukan cita-cita kelak,” demikian yang disampaikan oleh President KidZania Jakarta Kerry Riza untuk acara pembukaan establishment baru dari Allianz di Theme Park KidZania Jakarta.

Semoga dengan adanya kedua establishment baru dari Allianz di KidZania Jakarta ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan anak-anak yang mengunjungi KidZania Jakarta tentang literasi keuangan dan pentingnya perlindungan diri sejak dini.

 

4 Replies to “Belajar Konsep Perlindungan Diri Sejak Dini Bersama Allianz Di KidZania”

  1. Allianz percaya bahwa melalui literasi keuangan sejak dini ke depannya bisa menjadi cara untuk meningkatkan penetrasi asuransi bagi masyarakat Indonesia.

    1. Betul, semoga ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya memiliki Asuransi untuk perlindungan diri. Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang sungkan untuk memiliki asuransi, terutama asuransi jiwa. Banyak yang masih berpikir tabu untuk membicarakan masalah apa yang akan ditinggalkan pada saat seseorang meninggal. Padahal hal ini sangat penting untuk kita semua. Perlindungan, baik perlindungan jiwa maupun perlindungan kesehatan itu akan sangat meringankan kita pada saat terjadi kesusahan.

  2. Terutama untuk mendidik anak-anak sejak dini, Allianz Indonesia berusaha menanamkan konsep perlindungan dengan cara yang menyenangkan, yaitu melalui permainan.

    1. Cara belajar yang menyenangkan seperti ini akan sangat efektif pada anak-anak karena mereka merasakan dan mempraktekkan langsung. Mereka akan selalu ingat apa yang mereka lakukan, lihat dan dengar saat melakukan permainan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *