Apakah Menonton Film Sama Baiknya Dengan Membaca Dongeng Bagi Anak

Dulu kala, sudah menjadi kebiasaan di mana orang tua mendongeng atau membaca buku dongeng ketika anak akan tidur. Lalu, sekarang eranya digital. Sudah ada film anak-anak. Bahkan, orang tua juga bisa menunjukkan cerita menarik film bioskop kepada anak mereka.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah menonton film anak sama baiknya dengan membacakan cerita dongeng? Mungkin Anda mengatakan tidak. Dan Anda punya alasan untuk mengatakan hal semacam itu.

Memang sangat beda antara membacakan dongeng dengan menonton film. Anak pernah berpikir keras untuk membayangkan cerita yang Anda dongengkan. Bisa saja bentuk karakter yang Anda jelaskan digambarkan dengan gambar yang berbeda oleh anak.

Lain hal jika ia menonton film. Ia tidak perlu berpikir keras. Ia sudah disuguhi gambaran yang real. Tidak ada proses imajinasi di dalamnya. Ia hanya perlu menikmati alur cerita.

Itulah yang sering disampaikan oleh para ahli psikologi anak. Dan ini pula yang menjadi alasan mengapa beda antara menonton film dengan membacakan dongeng untuk anak.

Namun, bukan berarti hal yang salah jika Anda mengajak anak menonton film anak. Toh mereka akan mendapatkan hasil yang sama. Menonton dan mendengarkan dongeng sama-sama membuat anak mendapatkan hiburan. Hanya medianya saja yang berbeda.

Selain itu, menonton film dan mendengarkan cerita dongeng juga membuat anak mendapatkan moral value atau pesan moral. Setiap dongeng pasti menyimpan pesan yang ingin disampaikan kepada anak.  Begitu juga dengan film anak. Pasti ada moral value yang ingin disampaikan.

Jadi, sebenarnya menonton film dan mendengarkan cerita dongeng sama-sama baik untuk anak. Porsinya saja yang harus dibedakan. Mungkin orang tua bisa sesekali mengajak anak ke bioskop. Itupun ketika ada film anak yang layak untuk ditonton anak kecil. Sementara itu, membacakan buku dongeng bisa dilakukan setiap hari, terutama ketika anak akan tidur.

Sebenarnya Anda tidak harus mengajak anak ke bioskop untuk menonton film anak. Toh sekarang sudah ada media nonton film anak online. Asalkan ada sambungan internet di rumah, Anda bisa mengajak anak menonton film anak.

Namun, ada kekurangannya. Biasanya film anak yang bisa ditonton online sudah dirilis lama. Sementara itu film anak terbaru hanya ditayangkan di bioskop.

Terlepas dari hal tersebut, tetap saja Anda perlu bijak. Jangan asal mengajak anak ke bioskop. Pastikan film bioskop khusus untuk anak yang Anda pilihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *