Tips Membuka Sambungan Pipa yang Keras

Usaha melepaskan sambungan pipa satu ke pipa lainnya memang cukup sulit. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa frustrasi karena sudah mencoba berkali-kali sehingga memilih memotong paksa pipa dengan gergaji. Namun, sebenarnya kamu bisa melepaskan sambungan tersebut dengan cara lain. Berikut cara melepaskan sambungan yang bisa dicoba.

Cara dengan Minyak Angin

Siapa sangka minyak angin bisa dijadikan alternatif untuk membuka sambungan dari pipa. Kamu bisa melepaskan sambungan dengan minyak angin merek apa saja. Caranya tidak sulit. Pertama, teteskan minyak angin pada sambungan antar pipa yang keras. Lalu diamkan selama lima hingga sepuluh menit.

Ketuk-ketuk perlahan menggunakan palu kecil tepat pada sambungan yang dibuka. Jika masih terasa keras sebaiknya lakukan dengan cara buka tutup. Hal ini bertujuan agar drat tidak rusak. Jika sudah terbuka, periksa kembali kecacatan drat pipa sambungan tersebut sambil membersihkan drat pada pipa. Fungsinya agar saat menutup kembali, drat tidak aus atau rusak.

Cara dengan Air Mendidih

Cara kedua untuk membuka sambungan pipa adalah dengan merebus air hingga mendidih. Suhu panas dapat membuat benda mudah memuai sehingga lebih besar dari ukuran semula. Kamu bisa masukkan air panas tersebut ke dalam panci atau wadah apa saja yang anti panas.

Agar diameter pipa menjadi lebih besar, silakan rendam sekitar 5 menit. Setelah itu, coba tarik kedua ujung pipa dengan kuat. Ulangi tahap ini hingga pipa berhasil dilepaskan. Baru lepaskan sambungan PVC dari ikatannya jika suhu air benar-benar panas.

Cara dengan Minyak Kayu Putih

Pertama oleskan minyak kayu putih ke permukaan pipa PVC yang hendak dilepas sambungannya. Minyak kayu putih harus melumuri setiap bagian sambungan secara merata, termasuk bagian sela-selanya. Lalu tarik pipa perlahan hingga terlepas. Minyak kayu putih sangat ampuh dalam menghapus lem sehingga pipa bisa lepas satu sama lain.

Cara dengan Oli Rem

Kamu juga bisa melepaskan sambungan dari pipa menggunakan oli rem. Caranya cukup sederhana, tuangkan beberapa tetes oli rem ke kain lap. Selanjutnya usapkan kain ke permukaan sambungan yang ingin dilepaskan. Usahakan agar oli masuk ke dalam sela-sela sambungan. Setelah sudah merata, tarik dengan perlahan untuk melepaskan ikatan keduanya.

Usahakan untuk tidak terburu-buru saat memotong pipa yang tidak bisa dilepaskan. Cobalah salah satu cara tersebut hingga membuahkan hasil. Sambungan pipa yang keras masih bisa diakali dengan beberapa bahan agar mudah lepas dari sambungan. Sebaiknya gunakan sambungan Rucika yang kuat dan memiliki berbagai jenis sambungan sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *