Peresmian Bus Transjakarta Dengan Tema Design “Ibuku Perempuan Tangguh”

AnaKa, Jakarta. Melanjutkan kegiatan peringatan Hari Kartini yang digelar oleh anak-anak berkebutuhan khusus penyandang Autisme dibawah Yayasan Art Brut Indonesia pada tanggal 20 sampai dengan 21 April 2018 yang lalu berupa kegiatan melukis di badan bus gandeng dari PT Transjakarta yang bertempat di Balai Kota Jakarta, pada hari Selasa tanggal 24 April dilakukan peresmian bus dengan design khusus tersebut di halaman Balai Kota DKI.

Peresmian Bus Transjakarta oleh Gubernur DKI Anis Baswedan Selasa 24 April 2018 (Foto: Rey Janecekova)

Peresmian bus dengan lukisan hasil karya anak-anak autis tersebut dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan didampingi oleh Direktur Utama PT. Transjakarta, Budi Kaliwono dan dihadiri oleh Art Mentor dari Yayasan Art Brut Indonesia, Timotius Suwarsito atau yang akrab dipanggil Kak Toto dan juga para pelukis yang didampingi oleh orang tua masing-masing. Peresmian yang didahului dengan sambutan dari Gubernur DKI dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan selubung yang menutupi badan bus Transjakarta yang telah selesai dilukisi oleh anak-anak berkebutuhan khusus tersebut dan ditandai dengan memberikan cap tangan di bagian belakang bus oleh Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan dan Direktur Utama PT. Transjakarta, Budi Kaliwono yang sudah didahului dengan cap tangan dari ke sepuluh pelukis.

Gubernur DKI Anis Baswedan dan Dirut PT. Transjakarta Budi Kaliwono bersama 3 dari 10 pelukis penderita Autis dari Yayasan Art Brut Indonesia (Foto: Rey Janecekova)

Dalam acara peresmian tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan juga menyempatkan diri untuk mengamati hasil karya anak-anak tersebut satu persatu dan berbincang dengan pelukisnya. Terlihat sekali anak-anak tersebut sangat antusias menjelaskan tentang lukisannya.

 

Hasil lukisan di badan bus Transjakarta TJ0228 (Foto: Rey Janecekova)

Sebelumnya, kegiatan serupa sudah dilaksanakan oleh Yayasan Art Brut Indonesia yang juga bekerjasama dengan PT. Transjakarta berupa melukis di tiang halte Transjakarta di Kampung Melayu. Dan menurut rencana, pada bulan Oktober 2018 nanti juga akan diadakan kegiatan serupa yang akan diikuti tidak hanya oleh anak-anak autis saja tetapi juga anak-anak berkebutuhan khusus lainnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *