Festival Film Kawal Harta Negara 2018 Resmi Dibuka

Lunching FFKHN2018 (Foto: Rey Janecekova)

AnaKa, Jakarta. Bertempat di Auditorium Gedung Perpustakaan Nasional Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat, pada hari Selasa tanggal 24 April 2018 lalu resmi dibuka acara Festival Film Kawal Harta Negara 2018 oleh Ketua Badan Pemeriksa Keuanga (BPK) Moermahadi Soerja Djanegara. Festival Film Kawal Harta Negara ini merupakan festival film yang kedua kalinya di gelar oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Seperti tahun sebelumnya, Festival Film kali ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan United States Agency For International Developement (USAID)-CEGAH. Pada pembukaan Festival Film Kawal Harta Negara ini juga dihadiri oleh Perwakilan USAID-CEGAH, para pejabat dilingkungan BPK dan USAID dan para peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

Sambutan Ketua BPK
Sambutan Ketua BPK (Foto: Rey Janecekova)

Dalam kegiatan serupa tahun lalu, acara ini diikuti oleh 176 karya untuk seluruh kategori. Diharapkan untuk tahun ini, fesival film ini dapat diikuti oleh lebih banyak peserta dengan berbagai macam karya dan melibatkan lebih banyak anak muda yang mau ikut terlibat dalam mengekspresikan pemikiran mereka tentang BPK melalui film. Festival Film Kawal Harta Negara berupaya untuk mendorong partisipasi publik, khususnya pelajar, pembuat film dan komunitas kreatif di Indonesia untuk mengirimkan film yang bercerita tentang output, pencapaian, peran dan fungsi BPK dalam mendorong transparansi dan akuntabililas pengelolaan keuangan negara. “Kami mengharapkan, dari film-film yang dikreasikan oleh para filmmaker, nantinya akan meningkatkan kesadaran publik terhadap laporan hasil pemeriksaan BPK” papar Ketua BPK dalam sambutannya pada acara Launching Festival Film Kawal Harta Negara 2018.

Rangkaian acara pembukaan FFKHN2018 ini juga diikuti dengan pemutaran film pendek dari para pemenang FFKHN2017 lalu, yang bercerita tentang peran masyarakat dalam rangka turut serta mengawal harta negara. Dalam acara ini juga diisi dengan Talk Show dengan pembicara dari BPK bapak Yudi Ramdan, kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, serta diskusi film bersama dengan sineas senior Salman Asristo.

Dalam FFKHN 2018 ini ada tiga kategori yang dilombakan, yaitu Kategori Film Fiksi, Film Dokumenter dan Video Jurnalisme Warga ( Citizen Journalism). Seluruh kategori tersebut dapat diikuti oleh pelajar, mahasiswa dan umum. Sedangkan untuk waktu pengiriman materi lomba resmi dimulai pada tanggal 24 April 2018 sampai dengan 31 Juli 2018.

Pada lomba kali ini tidak hanya memberikan kesempatan pada film-film yang sudah jadi saja tetapi juga digelar kompetisi Ide Cerita Film dari kategori yang ada. Bagi peserta yang terpilih akan diberikan apresiasi berupa dukungan produksi dan pendampingan proses produksi oleh praktisi perfileman, sekaligus diikut sertakan sebagai peserta Festival Film Kawal Harta Negara 2018 ini.

Dibukanya secara resmi FFKHN 2018 ini juga diikuti dengan roadshow FFKHN 2018 di enam kota di Indonesia yaitu Aceh, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Makasar dan Ambon.

Untuk informasi lebih lanjut tentang acara ini dapat di akses di http://www.bpk.go.id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *