Sekala Niskala Film Nasional Pemenang Beberapa Penghargaan Internasional

Sekala Niskala (Foto: Press Kit Sekala Niskala)

AnaKa, Jakarta.  Pada awal bulan Maret 2018 ini, para pecinta film nasional akan disuguhi dengan penayangan serentak film yang berjudul “Sekala Niskala” atau dalam bahasa Inggris disebut “The Seen and Unseen”.

Sekala Niskala adalah merupakan kepercayaan terhadap adanya dunia nyata (Sekala) dan dunia ghaib (Niskala). Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kali kita harus berhati-hati dalam melakukan kegiatan di suatu tempat. Misalnya mengucapkan salam pada saat memasuki daerah baru atau rumah baru, walaupun ditempat tersebut tidak ada satu orangpun selain kita. Hal tersebut karena kita percaya ada kehidupan lain yang tidak terlihat yang hidup di tempat yang sama dengan manusia tetapi tidak dapat terlihat oleh manusia atau yang disebut dengan dunia ghaib atau Niskala. Sedangkan Sekala adalah merupakan kehidupan nyata yang kita jalani di dunia saat ini.

Kembali ke film Sekala Niskala, sang sutradara, Kamila Andini memberikan penegasan tentang dirinya sebagai orang Asia yang holistik mempercayai adanya dua kutub yaitu agama dan budaya, antara kenyataan dan mitos.

Tantri dan Tantra menari dimalam hari (Foto: PressKit Sekala Niskala)
Tantri dan Tantra menari dimalam hari (Foto: PressKit Sekala Niskala)

“Secara visual, saya ingin bermain dengan kata “terlihat” dan “tak terlihat”. Dengan menggunakan cerita kembar perempuan dan laki-laki, atau kembar buncing dalam bahasa Bali. Film ini membicarakan tentang dualisme. Saudara kembar Tantri, Tantra, terbaring dirumah sakit karena sakit keras. Hal ini menimbulkan sesuatu di pikiran Tantri. Meluapkan emosi yang tidak pernah dia hadapi sebelumnya. Hari-harinya menjadi sunyi, dan ia mulai menyadari banyak hal yang terjadi disekitarnya. ” begitu pernyataan sang sutradara.

Tantri (Foto: Press Kit Sekala Niskala)
Tantri (Foto: Press Kit Sekala Niskala)

Lebih lanjut dikatakan “Film ini mengenai dimensi kehidupan, yaitu mengenai dimensi seni itu sendiri. Apa itu realisme? Kenyataan dalam budaya saya sangat surealis. Dengan mengikuti keseharian anak perempuan yang adiknya sekarat kita mengikuti dimensi holistik dari perasaannya, surealisme yang hadir didalamnya.

Film ini dibintangi oleh seniman-seniman peran yang sudah tidak diragukan lagi kemampuanya. Para pemain film ini antara lain Ni Kadek Thaly Titi Kasih, Ida Bagus Putu Mahijasena, Ayu Laksmi, I ketut Rina, Happy Salma dan Gusti Ayu Raka.

Adapun penghargaan-penghargaan yang sudah pernah diterima dari film ini adalah:

  • Unggulan di Film Tempo 2017 untuk Pemain Anak Terbaik, Skenario Terbaik, Sutradara Terbaik, Film Terbaik
  • Tokyo FIlMex 2017 – Japan Premiere Grand Prix Winner
  • Best Youth Film Asia Pasific Screen Award di Brisbane
  • Toronto International Film Festival (TIFF) di Kanada
  • Berlin Film Festival untuk Kategori Generation KPlus for The Best Film
  • Busan International Film Festival – Asian Premier A Window on Asia Cinema Competition
  • Singapore International Film Festival 2017 – Southeast Asian Premiere – Silver Screen Awards, Competition
  • Dubai International Film Festival 2017 – MENA Premiere – Cinema of The World
  • Yogya – NETPAC Asian Film Festival 2017 – Indonesia Premiere – Golden Hanoman Award

Pemutaran premiere dari film ini sudah dilakukan pada hari Senin, 26 February 2018 yang lalu di Plaza Indonesia Film Festival. Dan pada tanggal 8 maret 2018 nanti, kita semua sudah dapat menikmati film ini di bioskop-bioskop di Indonesia (Rey)

One Reply to “Sekala Niskala Film Nasional Pemenang Beberapa Penghargaan Internasional”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *